Pages

June 21, 2008

KISAH PERJALANAN PENDAMPING MASYARAKAT

Pengalaman pendampingan masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Pedesaan (PNPM Mandiri Perdesaan) , dahulunya bernama Program Pengembangan Kecamatan (PPK) bermula pada tahun 2003 sebagai Fasilitator Magang (FK Magang), pada saat itu program diharuskan untuk memenuhi kouta perempuan yang terlibat dalam program minimal 30%, maka di buka kesempatan untuk saya sebagai FK magang.
Pertama kali bertugas ditempatkan di kecamatan Pagar Wojo Kabupaten Tulung Agung Propinsi Jawa Timur. Penugasan ini tidak berlangsung lama, seiring dengan dihapusnya FK Magang, maka saya ditawari untuk menjadi Fasilitator Teknik, tetapi untuk di tempatkan di luar jawa , tepatnya Kalimantan Timur. Karena sudah merasa tertarik dengan program ini, dengan berat hati saya terima kesempatan ini. Setelah turun Surat Perintah Tugas (SPT) , ternyata saya di tempatkan di Kabupaten Nunukan kecamatan Lumbis.
Pada tanggal 10 Oktober 2003, untuk pertama kali saya pergi menuju Kalimantan Timur, pesawat Merpati yang aku tumpangi mendarat di kota Tarakan, perjalanan di teruskan ke kota Nunukan. Untuk menuju kota Nunukan perjalanan dapat di tempuh dengan dua cara yaitu lewat laut dan Udara, dan keduanya harus melalui kota Tarakan terlebih dahulu, hal itu tidak terbayangkan sama sekali kalau untuk menuju Kabupaten Nunukan perjalanannya cukup rumit, Perjalan seperti ini jauh dari perkiraan saya, karena bayangan saya, perjalanan ke lokasi tugas itu lancar dan alat trasnportasi pun tersedia sepanjang waktu, tetapi ternyata untuk ke kota Nunukan pun perjalan sarana trasnportasi terbatas dan itu jam perjalannnya di batasi pukul 13.00 siang. Berdasarkann informasi yang saya dapatkan kota Nunukan merupakan kepulauan kecil dengan 6 kecamatan. Dengan perasaan bingung dan penuh tanda tanya kalau ke kabupaten saja transportasinya susah, bagaimana ke kecamatan ?. Dengan memendam beratus-ratus pertanyaan tentang lokasi tugas dan rasa cemas dihati perjalanan tetap saya lanjutkan agar mendapatkan jawab rasa penasaranku. Berangkatlah saya ke Nunukan dengan menumpang Speed Boad, kebetulan Speed Boad Pada hari itu untuk menuju Nunukan dan perjalanan tersebut memakan waktu 2,5 Jam bila cuaca normal. Setalah tiba di kota Nunukan kekagetanku bukan berkurang tetapi makin bertambah, karena ternyata kota Nunukan dibandingkan dengan ibu kota kabupaten di pulau Jawa hanya seramai kota kecamatan itu pun kota kecamatan pinggiran (bisa di bayangkan keramaian di kota itu?) dan di kota ini semuannya serba mahal baik keperluan hidup maupun biaya makan, tetapi ada hal membuat saya berbesar hati karena saya tidak sendiri bertugas di kecamatan Lumbis tidak sendirian tetapi ada 2 orang teman yang ditempatkan disana. Setelah mendapatkan pengarahan dari KM-Kab (sekarang Fas-Kab) kami berangkat menuju kecamatan Lumbis, rasa penasaran ku sudah mulai terjawab dan saya sudah dapat gambaran kalau kecamatan lokasi tugasku, daerah dan keramainnya pun tentu akan jauh berbeda, karena ibu kota saja masih sepi apa lagi kecamatan!.
Letak kecamatan Lumbis berada disebelah barat kota Nunukan, perjalanan ke kecamatan lumbis ada dua jalur yaitu lewat Kabupaten Malinau dan melalui kecamatan Sebuku kemudian di lanjutkan dengan alat transportasi darat. Setelah berkoordinasi kami sepakat berangkat ke lokasi tugas dan jalur yang kami tempuh yaitu melalui kecamatan Sebuku, untuk ke kecamatan Sebuku dari kota Nunukan kita harus naik speed boad kecil dilanjutkan dengan kendaraan roda empat. Perjalanan ke Kecamatan Lumbis dari kecamatan Sebuku jalan yang harus kita tempuh bukan jalan Aspal tetapi jalan tanah, bila pada saat musim hujan jalanan menjadi becek kendaraan yang kita tumpangi terkadang kita juga harus ikut menarik kendaraan karena tidak dapat dilewati akibat rusak jalan yang sudah terlalu parah, dan bila musim kemarau jalan tersebut penuh debu yang membuat sesak dan badan kita penuh debu.

Setibanya kami di kecamatan Lumbis, untuk memulai aktifitas sebagai Fasilitator, kami terlebih dahulu koordinasi dengan PjOK dan Camat, diketahui bahwa desa di Kecamatan Lumbis berjumlah 77 desa yang letaknya tersebar daratan dan bantaran sungai. Untuk memudahkan kami dalam bertugas kami mengadakan orientasi pengenalan lapangan/ wilayah, setelah kami ketahui bahwa tempat kami bertugas kesulitannya cukup tinggi, bila katagori wilayah di PPK hanya ada Normal, sulit dan Sangat Sulit maka saya berkesimpulan daerah tersebut masuk pada katagori super sulit karena apa?
1. Terdapat 77 desa yang tersebar di pegungungan dan sepanjang bantaran sungai.
2. Transportasi yang digunakan sangat terbatas berupa perahu bermotor.
3. Biaya, Transportasi, hidup yang tinggi dan terbatasnya saran penunjang kerja.
4. Jalur sungai yang dilalui bukan aliran sungai dengan tipe aliran yang tenang, akan tetapi jalur dengan aliran sungai yang mempunyai jeram-jaram yang membahayakan nyawa.
5. Untuk alat transportasi darat terbatas, bila tidak dapat meminit waktu yang baik, bisa-bisa kita berjalan berpuluh-puluh kilometer untuk menuju atau pulang dari lokasi tugas.

Setelah mengenal wilayah tugas dan untuk memudahkan dalam bekerja kami mencoba untuk membagi desa-desa tersebut dalam bentuk cluster. Pembagian cluster yang kami lakukan ada 27 cluster dengan 6 cluster di daerah bukan bantaran sungai dan 21 cluster di daerah sepanjang bantaran sungai.

Suka duka dalam menjalankan tugas di tempat ini, kami rasakan cukup unik karena kami harus pinter-pinter untuk meminit waktu dan keuangan. Untuk 1 kali perjalanan saja perlu biaya Rp 2 juta karena bensin yang diperlukan mencapai 2 drum dengan kapasitas 150 liter itu baru untuk cluster disepanjang bantaran sungai belum untuk 6 cluster yang berada di daratan. Strategi yang kami lakukan untuk mengadakan pendampingan ke masyarakat yaitu dengan mendatangi cluster paling hulu dahulu ( Cluster Muntai Sukilam wilayah Desa Tau Lumbis), sambil berjalan ke hulu kami mulai dari hilir menyebarkan undangan atau perintah tugas yang harus dilaksanakan setiap cluster tersebut , bila sudah sampai di hulu kami istirahan sejenak sambil menunggu cluster hulu menyiapkan tugas yang harus mereka lakukan (misalnya musyawarah desa, maka kami menunggu aparat desa untuk mengumpulkan masyarakat baru acara tersebut dapat di laksanakan). Bila cluster hulu telah selesai maka, kami melanjutkan perjalanan ke hilir, cluster sebelumnya, di sini biasanya kami tidak perlu menunggu terlalu lama karena aparat desa sudah mempersiapkan apa yang harus dilaksanakan berdasarkan penugasan yang telah kami berikan pada saat kami akan ke cluster yang paling hulu. Akan tetapi dalam pendampingan didaerah terpencil bukan segampang yang kita bayangkan, walaupun jumlah penduduknya sedikit tetapi untuk mengumpulkannya mengalami kesulitan karena kehidupan sehari-hari masyarakat berladang dengan sistem ladang berpindah maka mereka sering meninggalkan perkampungan berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dan ada satu keunikan lagi mata pencaharian mereka ada yang mencari kayu gaharu yaitu semacam kayu yang mana kayu ini berminyak dan minyaknya wangi sekali serta nilai jualnya sangat mahal, untuk mendapatkannya saat sulit bisa berbulan-bulan orang masuk hutan baru bisa mendapatkannya. Kalau sudah demikian, kami terpaksa harus menunggu mereka pulang dan malam harinya baru kami laksanakan acara kegiatan. Selain hal tersebut di atas, tantangan tugas bukan hanya datang dari wilayahnya saja tetapi juga dari masyarakat dan petugas perbatasan wilayah Indonesia-Malaysia, pertama kami menjalankan tugas kami dicurigai kalau tugas yang kami jalankan ini tidak resmi (illegal), untuk itu kami lakukan pendekatan dan penjelasan dan membawa bukti-bukti kuat agar masyarakat dan penjaga perbatasan Sabah – Indonesia ( karena wilayah kerja kami ada desa yang berada diperbatasan Malaysia dan Indonesia yaitu Cluster Sabindo/ Sabah –Indonesia) dapat menerima dan dapat bekerja sama sampai masa tugas kami dikecamatan itu berakhir digantikan dengan FK yang lain.

Pada tanggal 5 Mei 2006, setalah mengalami demobilisai selama 3 bulan, saya di panggil kembali bertugas dan ditempatkan di kecamatan Sesayap Kabupaten Bulungan. Di kecamatan ini terdapat 12 desa tetapi berada di satu wilayah daratan, wilayah ini tantangannya yaitu jalan yang ada bisa dikatakan jalur yang tidak layak untuk dilewati oleh kendaraan bermotor, karena apa jalan masih tanah dan becek di musim hujan serta sempit dan didaerah pegunungan.
Di kecamatan sesayap saya bertugas hanya berjalan 1,5 tahun, karena pada tahun awal 2007 saya dipindahkan ke kecamatan Sekatak kabupaten Bulungan dengan 22 desa, dan tingkat kesulitan yang sama dengan kecamatan Sesayap, bahkan ada 1 desa harus di tempuh melalui sungai dalam waktu 1 jam. Di kecamatan Sekatak tantangan terberat datang dari masyarakatnya sendiri, karena masyarakat sudah terbiasa dengan uang Vi/bantuan dari perusahan sehingga untuk diajak membangun desa kita mengalami kesulitan di tambah lagi dengan program daerah yang sudah ada sejak tahun 2005 yaitu PPMD dengan pola 75 % dana dibagi rata ke desa dan 25 % kompetsi sehingga menambah beban kita dalam mengajak masyarakat untuk berparitisipasi dalam kegiatan PNPM-PPK. Di kecamatan ini strategi yang kami lakukan yaitu konsisten memegang aturan main dalam PNPM-PPK dan tegas dalam setiap pelaksanaan tahapan kegiatan sehingga masyarakat dapat memahami dan tidak mencoba untuk mempermainkan program sehingga pada akhirnnya masyarakat dapat mengerti dan program untuk tahun 2007 pada kecamatan Sekatak dapat kami selesaikan pada bulan Mei 2008 walau start kegiatan sering kekurangan Fasilitator sampai sekarang tulisan ini dibuat FT sendiri tidak ada FK.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment

Komentar anda :