Pages

February 22, 2009

4 Jam Spedboat Tarakan - Malinau

16 – 18 Februari 2009

Kabupaten Malinau yang mempunyai lokasi perbatasan langsung dengan Malaysia ini dapat ditempuh 6 jam dari Samarinda bisa lebih jika ditambah dengan delay pesawat Trigana air atau Kalstar yang melayani penerbangan ke Berau, Tarakan, Nunukan. Aku berangkat dari Samarinda jam 8.45 menunju Bandara Juwata Tarakan dengan waktu tempuh Kurang lebih 1 jam. Karena keterbambatan penerbangan

akhirnya aku sampai di Tarakan jam 11.30 dan tidak bisa lanjut perjalanan dengan pesawat Susi-air yang hanya berpenumpang 10 orang. Akhirnya aku ke pelabuhan spedboat Tengkayu karena jadwal berangkat spedboat ke Malinau adalah jam 12.15. setelah menunggu hampir 1 jam akhirnya sped yang aku numpangi berangkat.

Dengan diguncang ombak laut menyisir pantai Tarakan spedboat melaju dengan di guyur hujan rinti-tintik yang semakin deras....perasaankupun sebetulnya sedikit agak tidak nyaman, beberapa saat sped selalu tergoncang hebat ketika diterjang ombak namun kata penumpang di sebelahku" ini biasa saja...belum terlalu besar"..ooo

gitu ya pak" sahutku. Belum jauh kami berjalan tiba-tiba spedboat berhenti mesinnya terdengar mati sebelah...kamipun terdiam semua..namun dengan sigap motoris dan 1 orang awak segera menyalakan kembali

mesin dan alhmdulillah mesinnya bisa nyala lagi dan sped-pun melaju kembali.

Sepanjang perjalanan kulihat hutan-hutan pantai aku tidak tahu pohon apa kalau bakau bukan rasanya di pinggir pantai....kulihat depan hanya hamparan air yang tak berujung. Setelah sekitar 2 jam mulailah kami memasuki sungai yang cukup lebar. Sungai inilah salah satu jalur alternatif menuju Malinau. Goyangan spedboat tidak begitu besar namun pemandangan didepanku tetap hanya hamp

aran air kecoklatan yang rasanya tak berujung, kiri kanan hanya pohon-pohon rindang. Dan akhirnya aku terlelap beberapa saat dan kulihat jam di HP-ku yang tidak ada sinyalnya sudah jam 15.12 WITA, aku tanya ibu muda di sampingku dengan 2 anaknya yang masih berusia 3 tahun dan 11 bulan " masih lama kah buk..." dia menjawab " sebentar lagi paling 30 menit lagi..".....

Akhirnya tibalah aku di pelabuhan kota malinau yang sangat tidak terawat tepat jam 16.00, kusempatkan makan di warung yang ternyata warung kediri..terbersit dibenakku...rasanya aku sudah jauh masuk ke pedalaman eee ternyata

pedagangnya orang jawa.....sudah begitu banyakkah penduduk jawa hingga dipelosok-pelosok tetap ada yang namanya Nasi Pecel Madiun.....

Kabupaten Malinau adalah kabupaten yang sangat sering berganti-ganti operator komputer sehingga optimalisasi entry data kedalam aplikasi yang ada sangatlah minim dan harus FT-Kab maupun Fas-Kab sendiri yang mengentry semua data kedalam database. 2 bulan malinau mengalami kosong operator sedangkan FT Kab yang saat itu sendiri dituntut untuk mengejar ketertinggalan progres dilapangan..belum kalau Pak Budi ke Kecamatan Kayan Hulu yang sudah bisa dipastikan 1 minggu di pedalaman yang satu-satunya alat komunikasi adalah radio SSB koramil kayan hulu dan telepon byru (telepon satelit).

Hampir setengah hari aku OJT Operator yang baru mulai dari pengarsipan surat-surat, aplikasi database yang digunakan dan cara entry datanya dan mudah-mudahan sedikit yang aku tinggalkan bisa bermanfaat membantu temen-teman di Kabupaten dan selepas Sholat dhuhur aku ke Sekretarit Faskab karena kebetulan di hari selasa 17 Februari 2009 diadakan pelatihan UPK lanjutan yang diikuti oleh seluruh pengurus UPK di 4 kecamatan termasuk kayan hulu. Sedikit aku memberikan masukan tentang tertib adminstrasi transaksi di UPK dan sistem pelaporan di UPK mulai buku Bank, buku kas, buku inventaris neraca, LPP SPP, Laporan kolektibilitas. Antusias para pengurus UPK sangat besar ada yang bekas pegawai BRI sudah tua memang tapi semangatnya dan kemampuan analisanya tidak kalah dengan yang muda. Acara

ditutup pukul 17.12 untuk besok di lanjutkan kembali tapi sayang besok aku harus sudah bertolak pulang ke Samarinda karena Jadwal Dinas Luarku hanya 3 hari dan juga jadwal penerbangan Susi-air Malinau Tarakan besok jam 8.30.